Rabu, 06 Januari 2016

Halimatus Sakdiyah(3115100925)




`




                              Nama           : Halimatus Sakdiyah
                              Nim              : 3115100925


PENGARUH HANDPHONE TERHADAP POLA PERILAKU REMAJA


ABSTRAK

            Abstrak ;penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan saat ini banyak remaja yang sudah mengenal dan memiliki handphone bahkan bisa sampai lebih dari satu, hal tersebut dapat memengaruhi pola perilaku remaja. Rumusan masalah adalah 1.Apa pengaruh handphone terhadap prestasi siswa 2. Bagaimana hubungan antara pengaruh handphone dengan kepribadian siswa 3.Apa dampak menggunakan handphone. Penelitian ini menggukan angket yang disebarkan.Hasil penelitian ini adalah handphone berpengaruh terhadap pola perilaku remaja dalam segala aspek.
            Kata kunci: handphone, pola perilaku, remaja


KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga dengan semangat dan terus berjuang akhirnya peneliti dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul Pengaruh Handphone terhadap Pola Perilaku Remaja dalam Segala Aspek.
Dalam penelitian ini peneliti menyadari bahwa karya tulis ilmiah ini masih belum sempurna.Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun diharapkan untuk perbaikan peneliti.Semoga karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat.



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Dewasa ini handphone atau telephone genggam merupakan alat komunikasi yang paling banyak digunakan.Karena mudah di bawa serta mudah digunakan. Di dalam handphone terdapat fasilitas menelphone (memanggil seseorang dari jarak jauh), mengirim serta menerima pesan pendek (Short Massage Service : SMS), menyimpan dan mendengarkan musik (MP3), kamera, internet, bahkan tahun 2013 ini perusahaan handphone seperti nokia, Samsung, LG serta merk lain telah memberikan layanan wifi yang memudahkan orang untuk mengakses internet di area hotspot. Handphone atau telephone genggam sekarang bukanlah sebuah barang mewah lagi, handphone sekarang banyak di gunakan di kalangan dewasa untuk mempermudah bisnis, bahkan sekarang remaja serta anak-anak sebagian besar menggunakan handphone hanya sekedar untuk SMS-an, Internet-an, chattingan, facebookan, twitteran, atau bahkan hanya untuk telphone-telphonan dengan pacar.Mereka menganggap handphone adalah sebuah alat yang sangat penting, ada pula pepatah sekarang yang mengatakan “tiada hari tanpa handphone”.handphone dapat membentuk kepribadian baru seorang remaja, karena lewat handphone, seseorang bisa mengakses hal-hal positif maupun negatif, sehingga dapat mempengaruhi pola perilaku serta kepribadian remaja.
Berdasarkan uraian tersebut penulis ingin membahas Pengaruh Handphone Terhadap Pola Perilaku Remaja Dalam Segala Aspek.
1.2  Rumusan Masalah
1)      Apa pengaruh handphone terhadap prestasi siswa?
2)      Bagaimana hubungan antara pengaruh handphone dengan kepribadian siswa?
3)      Apa dampak menggunakan handphone?
1.3  Tujuan
1)      Mengetahui pengaruh handphone terhadap prestasi siswa.
2)      Mengetahui pengaruh handphone terhadap kepribadian siswa.
3)      Mengetahui dampak positif serta dampak negatif menggunakan hanphone.

BAB II
METODE PENELITIAN

Metode pembahasan dilakukan secara kuantitatif deskriptif yaitu metode yang menggunakan hasil penelitian dengan melihat segi kualitas. Dalam pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Bnayuwangi , ini penulis meneliti sejauh mana siswa mengetahui tentang pengaruh dari handphone tersebut. Apakah handphone itu akan berdampak pada aspek pendidikan, sikap/tingkah laku ataupun gaya hidup siswa.
Tempat penelitian ini dilakukan di lingkungan SMA Negeri 1 Banyuwangi.Dalam penelitian ini, peneliti memperoleh informasi dari studi literatur. Studi literatur yang akan peneliti lakukan yaitu memperoleh informasi dari internet, serta dari buku-buku yang peneliti pinjam dari perpustakaan dan majalah-majalah tentang handphone.
Cara memperoleh suatu data atas sejumlah pertanyaan yang diajukan kebeberapa orang. Peneliti akan membuat 15 pertanyaan yang akan kami bagikan ke 15 anak, dan peneliti akan memilih 15 anak tersebut secara acak.



















BAB III
HASIL PENELITIAN

3.1          Dampak Positif dan Negatif
Secara keseluruhan hasil penelitian pengaruh handphone terhadap pola perilaku remaja dalam segala aspek di awali dengan hasil observasi dan angket dari para responden.Kemudian data yang diperoleh dianalisis datanya agar mendapatkan hasil penelitian yang kualitatif dari penelitian terhadap pengaruh handphone terhadap pola perilaku remaja. Hasil penelitian dan kulaitatif dari observasi dan angket diuraikan sebagai berikut
3.1.1    Dampak Positif Handphone
Perkembangan handphone ini tidak berhenti sampai di sini bahkan di seluruh dunia sudah menggunakan berbagai macam merek handphone.Di Indonesia kebanyakan menggunakan handphone termasuk para remaja. Dari manfaat handphone, handphone digunakan sebagai:
1.    Handphone digunakan untuk komunikasi jarak jauh
2.    Handphone sebagai alat untuk mencari informasi
3.   Bagi para remaja handphone sebagai layanan hiburan seperti sms, game, kamera, dll
4.    Sebagai alat untuk menjelajahi dunia dengan internet
5.    Dengan handphone remaja mempunyai banyak teman
3.1.2    Dampak Negatif Handphone
Selain mempunyai dampak positif, Handphone juga memiliki dampak negatif, dari hasil penelitian dampak negative handphone yang paling banyak yaitu:
1.   Remaja khususnya para pelajar menjadi malas belajar jika sering mengoperasikan handphone sehingga prestasinya menjadi turun
2.   Remaja akan menjadi sosok yang kurang bersosialisi secara langsung karena serba berkomunikasi menggunakan handphone
3.   Selain dapat memberikan informasi positif yang luas, handphone juga memberikan banyak dampak negative seperti situs porno dll.

3.2          Pengaruh Handphone terhadap Kepribadian Remaja
Dari penelitian yang telah dilakukan dapat di ketahui pengaruh handphone pada kepribadian remaja yaitu remaja menjadi remaja yang tertutup karena kurangnya sosialisasi secara langsung melainkan bersosialisasi menggunakan handphone.

3.3          Pengaruh Handphone terhadap Prestasi Remaja
Pengaruh handphone terhadap pretasi remaja khususnya pelajar yaitu menjadikan waktu belajar lebih singkat sehingga mempengaruhi pretasi pelajar.

3.4          Hasil Penelitian
Berdasarkan hasil angket yang disebar, 20 pelajar untuk item 1, sebanyak 15 pelajar menjawab setuju dan 5 pelajar menjawab tidak setuju, sehingga kesimpulannya bahwa handphone sangat penting bagi pelajar. Untuk item 2 sebanyak 12 pelajar menjawab setuju dan 8 pelajar menjawab tidak setuju, sehingga kesimpulannya bahwa dampak positif handphone lebih banyak dari dampak negatif. Untuk item 3, sebanyak 17 pelajar menjawab setuju dan 3 pelajar menjawab tidak setuju, sehingga kesimpulannya bahwa handphone mengubah kebiasaan remaja berkomunikasi langsung menjadi serba menggunakan handphone. Untuk item 4, sebanyak 14 pelajar menjawab setuju dan 6 orang menjawab tidak setuju, sehingga kesimpulannya bahwa handphone mempengaruhi waktu belajar siswa menjadi lebih singkat. Untuk item 5, sebanyak 11 pelajar menjawab setuju dan 9 pelajar menjawab tidak setuju sehingga kesimpulannya bahwa handphone mempengaruhi prestasi siswa. Untuk iterm 6, sebanyak 8 pelajar menjawab setuju dan 12 pelajar menjawab tidak setuju, sehingga kesimpulannya bahwa handphone tidak mengalahkan kepentingan lain seperti belajar, mengerjakan tugas sekolah, atau tugas rumah. Untuk item 7, sebanyak 4 pelajar menjawab setuju dan 16 pelajar menjawab tidak setuju, sehingga kesimpulannya bahwa handphone tidak membuat siswa merasa lebih gaul. Untuk item 8, sebanyak 5 pelajar menjawab setuju dan 15 pelajar menjawab tidak setuju, sehingga kesimpulannya bahwa handphone tidak menjadi sebuah kesibukan bagi siswa. Untuk item 9, sebanyak 15 pelajar menjawab setuju dan 5 pelajar menjawab tidak setuju, sehingga kesimpulannya bahwa handphone memberikan banyak informasi bagi siswa. Untuk item 10, sebanyak 5 pelajar menjawab setuju dan 15 pelajar menjawab tidak setuju, sehingga kesimpulannya bahwa para siswa bisa dengan sehari tanpa handphone. Untuk item 11, sebanyak 12 pelajar menjaawab setuju dan 8 pelajar menjawab tidak setuju, sehingga kesimpulannya bahwa bermain handphone menghabiskan waktu siswa dengan sia-sia. Untuk item 12, sebanyak 9 pelajar menjawab setuju dan 11 pelajar menjawab tidak setuju, sehingga kesimpulannya bahwa siswa lebih suka bermain handphone daripadamembaca buku pelajaran. Untuk item 13, sebanyak 10 pelajar menjawab setuju dan 10 pelajar menjawab tidak setuju, sehingga kesimpulannya bahwa sebagian dengan handphone mereka bisa memiliki banyak teman dan sebagian siswa lain tidak menganggap bahwa dengan handphone  mereka bisa memiliki banyak teman.

















BAB VI
SIMPULAN DAN SARAN

4.1     Simpulan
Simpulan yang dapat peneliti ambil adalah handphone sangat berpengaruh terhadap pola perilaku remaja termasuk terhadap prestasi remaja tersebut didalam sekolah karena handphone sedikit banyak dapat membantu remaja atau pelajar dalam tugas-tugas yang didapat.
 Pengaruh handphone terhadap kepribadian siswa atau pelajar adalah karena penggunaan handphone secara jangka panjang dapat membentuk kepribadian pelajar yang akan berpengaruh terhadap prestasi pelajar pada umumnya.
Dampak penggunaan handphone yaitu dapat membentuk kepribadian pelajar atau siswa yang nantinya akan berpengaruh terhadap prestasi belajarnya.

4.2     Saran
1)         Orang Tua
Saran untuk orang tua yaitu agar lebih memperhatikan anak-anaknya dalam penggunaan handphone, karena penggunaan handphone secara berlebihan dan hingga tidak mengingat waktu akan berpengaruh terhadap prestasi anak secara keseluruhan. Batasi penggunaaan handphone pada anak.

2)        Remaja
Untuk remaja khusunya para pelajar agar membatasi dirinya dalam penggunaan handphone, karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik akibnya.Ingatlah tugas pelajar adalah untuk belajar.Karena bermain handphone secara berlebihan dapat mempengaruhi prestasi peelajar.





DAFTAR PUSTAKA










Tidak ada komentar:

Posting Komentar