Selasa, 05 Januari 2016

ILHAM ROSIDI 311510949 D3 SORE




ABSTRAK
Perkembangan IT di dunia sangat  pesat, mulai dari perkembangan sofware hingga hardware. Teknologi sekarang telah mendominasi sebagian besar di permukaan  bumi ini. Karena semakin cepatnya  perkembangan Teknologi, kita sebagai  pengguna bisa ketinggalan informasi mengenai teknologi baru apabila kita tidak up to date dalam pengetahuan teknologi ini. Hal itu dapat membuat kita mudah tergiur dan tertipu dengan berbagai iklan teknologi tanpa memikirkan sisi negatifnya. Sebagai pengguna dari komputer, kita sebaiknya tahu seputar mengenai komponen-komponen komputer. Karena saat ini banyak orang yang dapat mengoperasikan komputer namun, tidak mengetahui bagaimana operasi itu  berlangsung. Bagian terpenting dalam operasi komputer merupakan processor dan memori. Processor sering di sebut sebagai otak komputer sedangkan memori adalah komponen pembantu dalam kinerja  processor. Dan AMD sudah membuat CPU dan GPU tetapi INTEL pun juga membuat CPU dan GPU juga. Komputer merupakan suatu alat yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak di dalamnya. Sebuah
komputer biasanya terdiri dari perangkat keras seperti : CPU (Central Processing Unit), monitor, keyboard, mouse
dan perangkat lunak seperti OS (Operating Sistem) serta software program di dalamnya. Komputer sangat
membantu manusia dalam pengerjaan pekerjaan hitungan, table, statistic, desain dan masih banyak lagi yang lain.
Sehingga pada saat ini peran komputer sangatlah vital pada perkembangan teknologi. Kinerja komputer bergantung
pada spesifikasi dari komputer itu sendiri serta software atau program yang digunakan karena keduanya berkaitan
erat





PENDAHULUAN

Saat ini computer sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang terutama bagi kalangan mahasiswa Teknik Informatika Institut Teknologi Indoensia perkembangan computer sebenarnya tidak seimbang antara ketiga elemen dasar computer yaitu CPU atauprosesor, memory, dan I/O modul. I/O modul adalah elemen yang paling lambat dalam perkembangannnya karena para pengembangnya yang juga sedikit.

Perbandingannya bahkan bisa mencapai sepuluh kali lipat. CPU bisa beroperasi pada orde gigahertz sementara memori hanya mampu beroperasi pada orde megahertz. Perkembangan memori memang lambat, hal ini disebabkan mahalnya komponen-komponen pada memori. Selain itu para pengembang cenderung untuk lebih mengembangkan dan bereksplorasi pada CPU. Saat makalah ini ditulis, di pasaran sudah ada prosesor dengan kecepatan yang sangat tinggi yaitu prosesor core 2 quad yang merupakan produksi dari perusahaan Intel. Prosesor ini memiliki kelebihan dalam hal kecepatan bekerja jika dibandingkan dengan prosesor sebelumnya.

Selain itu, prosesor AMD  ini juga lebih hemat dalam konsumsi daya sehingga jika diterapkan pada notebook bisa menghemat baterei sehingga umur pemakaian notebook lebih lama. Tetapi jika memakai computer tidak stabil atau tidak dari biasa yang ditentukan bias mengakibatkan kerusakan dalam computer tersebutt.






ISI

2.1 pengertian processor AMD
AMD adalah nama perusahaan yang bergerak dibidang industri (pabrik) semikonduktor yang bermarkas di Sunnyvale, California, USA (Amerika Serikat). AMD sendiri kependekan dari Advanced Micro Device. Nama lengkap perusahaannya adalah Advanced Micro Device. Inc. Beberapa produknya yang terkenal dibidang komputer adalah microprosesor dan chipset motherboard, serta IC (Integrated Circuit). Perusahaan ini didirikan pada tahun 1969 dan tetap beroperasi hingga sekarang (2008). Pabrik pertama berada di Austin, Texas, Amerika dan pabrik kedua berada di Dresden, Jerman yang ditetapkan untuk memproduksi prosesor Athlon.
Bahkan AMD dikenal sebagai perusahaan (penghasil prosesor golongan x86) terbesar kedua di dunia setelah Intel. Hingga sekarang, tahun 2008, Intel adalah pesaing utama perusahaan AMD dalam hal produksi mikroprosesor golongan x86.
Pada bulan Februari 1982, AMD menjalin kontrak dengan perusahaan Intel dan mendapatkan lisensi dari Intel untuk memproduksi mikroprosesor 8086 dan 8088, hingga akhirnya AMD juga memproduksi prosesor yang lebih baru yang diberi nama Am286. Tahun 1986 Intel memutuskan kontrak dengan AMD. Kasus pemutusan ini akhirnya diperkarakan di pengadilan.
Pada tahun 1991, AMD merilis lagi prosesor baru pengganti Am286, yaitu Am386 yang merupakan clone dari prosesor Intel 386. Selanjutnya, AMD terus memproduksi prosesor-prosesor yang lebih baru, antara lain Am486, yaitu AMD K5 pada tahun 1996. Prosesor ini mendapat respon yang baik. Setahun kemudian, tahun 1997, AMD kembali merilis prosesor yang lebih baru, yaitu AMD K6. Prosesor ini memang dirancang untuk diadu dengan prosesor buatan Intel saat itu. Keunggulan prosesor-prosesor AMD terletak pada kemampuannya untuk di-overclock. Tetapi AMD adalah produk terbaik dikalangan masa kini dan INTEL pun tidak mau kalah dia selalu membuat processor baru supaya applikasi yang sekarang semakin canggih bisa diterima dan begitupun juga AMD yang semakin lama semakin canggih dengan processor spesifikasi tinggi. Dan perkembangan AMD sekarang begitu canggih mengikuti era globalisasi
1.AMD K5
AMD K5 awalnya dibuat supaya dapat bekerja pada semua motherboard yg mendukung Intel. Jadi motherboard yg mendukung Intel akan mendukung pula AMD K5. Pada waktu itu tidak semua motherboard dapat langsung mengenali AMD dan harus dilakukan Upgrade BIOS untuk bisa mengenali AMD.

2.AMD K 6
Prosesor AMD K6 merupakan prosesor generasi ke-6 dengan peforma tinggi dan dapat diinstalasi pada motherboard yg mendukung Intel Pentium. AMD K6 sendiri masih dibagi lagi modelnya nya yaitu : AMD K6, AMD K6-2, AMD K6-III.

3.AMD Duron
AMD Duron merupakan keluarga prosesor versi murah yang dikenal pada tahun 2000, awalnya prosesor ini memiliki code nama Spitfire yg dibuat berdasarkan Core Thunderbird. AMD Duron merupakan versi AMD Athlon yg “diringkas” ia memiliki semua arsitektur yg dimiliki AMD Athlon. Kinerja AMD Duron dengan AMD Athlon hampir sama hanya beda 7%-10% lebih tinggi AMD Athlon sedikit. Sa’at ini AMD sudah menghentikan produksi AMD Duron.














KESIMPULAN DAN PENDAPAT :

AMD dan Intel bersaing sengit dalam teknologi CPU Dual-Core. Intel sedang memperkenalkan model pertama untuk kelas Desktop, beberapa teknlogi intel lebih cepat dari AMD. Namun dari sisi kinerja, AMD lebih unggul. Menduduki kedua tempat pertama dalam tes CHIP kali ini. Produk unggulan FX-57 mencapai posisi ke 3. Kinerja yang tinggi dengan konsumsi daya yang rendah merupakan platform tepat untuk PC tenang. Selamat AMD! Tampaknya Intel masih harus memperbaiki diri.

Para profesional sebaiknya menggunakan prosesor terbaik Athlon X2 4800+ (No.1). CPU ini tidak hanya gemilang pada rendering 32 bit, tetapi juga pada aplikasi 64 Bit. Tetapi AMD mempunyai grafik game 3D terbaik dia mempunyai processor dan memory yang sangat besar AMD juga kalangan ini  ingin membuat sebuah processor lagi yang speknya dan memorynya lebih besar dari sebelum-sebelumnya.

Dengan menggunakan processor AMD terlihat lebih cepat dan praktis karena spesifikasinnya yang tinggi dan mempunyai kelebihan yang melebihi INTEL banyak mahasiswa yang memakai AMD karena speknya yang sangat bagus.
















DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar