BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Istilah teknologi informasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa
sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau
pengolahan data elektronis ( electronic data processing ). Teknologi informasi
didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan
perangkat keras ( hardware ) dan perangkat lunak
( software ), komputer, komunikasi, dan elektronik digital. Teknologi
Informasi dan Komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini
memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi
kegiatan berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap
perubahan – perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen
organisasi, pendidikan, transportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu
sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia ( SDM ) TIK, mulai dari keterampilan dan pengetahuan,
perencanaan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta peningkatan
kemampuan TIK para pimpinan di lembaga pemerintahan, pendidikan, perusahaan, UKM ( usaha kecil menengah ) dan LSM.
Sehingga pada akhirnya akan dihasilkan output yang sangat bermanfaat baik bagi manusia sebagai individu itu sendiri maupun bagi semua sektor
kehidupan.
B.
Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang dapat diambil dari pembahasan ini adalah:
1.
Apa itu teknologi informasi.
2.
Bagaimana sejarah perkembangan teknologi
informasi hingga sampai saat ini.
3.
Apa peranan teknologi informasi bagi kehidupan
manusia saat ini.
4.
Bagaimana dampak yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi informasi ini.
BAB II PEMBAHASAN
A.
Definisi Teknologi Informasi
Definisi Teknologi ‹ Penerapan keilmuan yang mempelajari dan
mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa
dengan langkah dan teknik
tertentu dalam suatu
bidang. Aplikasi ilmu enginerring untuk mengembangkan
mesin dan prosedur agar memperluas dan memperbaiki kondisi
manusia, atau paling tidak
memperbaiki efisiensi manusia pada beberapa aspek (sumber, tahun)
Definisi Informasi ‹ Data
yang telah diperoses ke dalam suatu
bentuk yang mempunyai arti bagi si
penerima dan mempunyai nilai nyata, sehingga
dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil keputusan, dan terasa bagi keputusan
saat itu atau keputusan mendatang.
Teknologi informasi dilihat dari kata penyusunannya adalah
teknologi dan informasi. Secara mudahnya teknologi informasi adalah hasil
rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke
penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan:
· Lebih cepat
· Lebih luas sebarannya
· Lebih lama penyimpanannya
Manusia adalah mahluk sosial, disamping sandang, pangan, dan papan
sebagai kebutuhan utamanya, maka sebagai mahkluk sosial manusia membutuhkan
untuk berkomunikasi diantara sesamanya sebagai kebutuhan utamanya untuk dapat saling berhubungan satu dengan yang lainnya.
Maka mulailah manusia mencari dan menciptakan sistem dan alat untuk
saling berhubungan tersebut, mulai dari
melukis bentuk ( bergambar ) di dinding
gua, isyarat tangan, isyarat asap, isyarat bunyi, huruf, kata, kalimat,
tulisan, surat, sampai dengan telepon dan internet.
Istilah TI ( Teknologi Informasi ) atau IT ( Information Technology ) yang populer
saat ini adalah
bagian dari mata
rantai panjang dari
perkembangan istilah dalam dunia SI ( Sistem Informasi )
atau IS ( Information System ). Istilah TI memang lebih merujuk pada teknologi
yang digunakan dalam menyampaikan maupun mengolah informasi, namun pada
dasarnya masih merupakan bagian dari sebuah sistem informasi itu sendiri. TI memang secara nota bene lebih mudah dipahami secara umum sebagai pengolahan informasi yang
berbasis pada teknologi komputer yang tengah
terus berkembang pesat.
B.
Sejarah Teknologi Informasi
Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara
penyampaian informasi ( yang selanjutnya
dikenal dengan istilah teknologi informasi ).
Ø
Masa Pra-Sejarah ( …s/d 3000 SM )
Pada awalnya Informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi
sebagai sistem untuk pengenalan bentuk – bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan informasi yang mereka
dapatkan pada dinding – dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya.
Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda – benda yang ada
disekitar lingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk – bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding
gua tempat mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya
berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal
komunikasi mereka pada masa ini.
~ Masa Pra-Sejarah ( … s/d 3000 SM )
Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat – alat
yang menghasilkan bunyi dan isyarat,
seperti gendang, terompet yang terbuat
dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya
Ø
Masa Sejarah ( 3000 SM s/d 1400-an M )
Pada masa ini Teknologi
Informasi belum menjadi teknologi
masal seperti yang kita kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh
kalangan – kalangan terbatas saja, digunakan pada saat –
saat khusus, dan mahal.
~ 3000 SM
Untuk yang pertama kali
tulisan digunakan oleh bangsa sumeria dengan menggunakan simbol – simbol yang
dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf – huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda ( penyebutan ), sehingga
mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa.
~ 2009 SM
Penggunakan Huruf Hierogliph pada bangsa Mesir Kuno. Hierogliph merupakan
bahasa simbol dimana setiap ungkapan di wakili oleh simbol yang berbeda, yang
ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda, bentuk tulisan dan bahasa
hierogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
~ 500 SM
Serat Papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas yang terbuat dari serat
pohon papyrus yang tumbuh disekitar
sungai nil ini menjadi media menulis / media informasi yang lebih kuat dan
fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.
~ 105 SM
Bangsa Cina Menemukan Kertas. Kertas yang
ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal
sekarang, kertas ini dibuat dari serat
bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan,
penemuan ini juga memungkinkan system.
Ø Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
~ Tahun 1455
Mesin Cetak yang menggunakan
plat huruf yang tebuat dari besi yang
bisa diganti-ganti dalam bingkai yang tebuat dari kayu dikembangkan
untuk yang pertama kalinya oleh Johann Gutenberg.
~ Tahun 1830
Augusta Lady Byron Menulis program komputer yang pertama didunia berkerjasama dengan Charles Babbage
menggunakan mesin Analytical-nya. Yang
didesain mampu memasukan
data, mengolah data
dan menghasilkan
bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal
sebagai bentuk komputer digital yang
pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat
digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC I dibentuk.
~ Tahun 1837
Samuel Morse mengembangkan Telegraph dan bahasa kode Morse bersama Sir
William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang
dikirim secara elektronik antara 2 tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat
tersebut. Pengiriman dan Penerimaan Informasi ini mampu dikirim dan diterima
pada saat yang hampir
bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima
dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan
waktu.
~ Tahun 1899, Dipergunakan sistem penyimpanan dalam Tape ( pita )
Magnetis yang pertama.
~ Tahun 1923, Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
~ Tahun 1940, Dimulainya pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang
Informasi pada masa Perang Dunia 2 yang dipergunakan untuk kepentingan
pengiriman dan penerimaan dokumen – dokumen militer yang disimpan dalam bentuk
magnetic tape.
~ Tahun 1945, Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan Hypertext.
~ Tahun 1946, Komputer digital pertama didunia ENIAC I dikembangkan.
~ Tahun 1948, Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transistor.
Ø Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
~ Tahun 1957
> Jean Hoerni mengembangkan transitor Planar. Teknologi ini
memungkinkan pengemban jutaan bahkan milyar transistor dimasukkan kedalam
sebuah keping kecil kristal silicon.
> USSR ( Rusia pada saat itu ) meluncurkan sputink sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas
sebagai mata – mata. Sebagai balasannya
Amerika membentuk Advance Research Project Agency ( ARPA
) dibawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu
Pengetahuan dan Teknologi Informasi dalam bidang Militer.
~ Tahun 1962
Rand Paul Barand dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan
suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman
dan peluncuran peluru kendali dalam perang Nuklir.
~ Tahun 1969
Sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes (
titik ), antara University of California,
SRI ( Stanford ), University California
of Santa Barbara, dan University of Utah
dengan kekuatan 50 Kbps.
~ Tahun 1972
Ray Tomlinson menciptakan program e-mail yang pertama.
~ Tahun 1973-19990
Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP / IP
kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian difkenal
dengan nama TCP / IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA,
1981 National Science Foundation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap
institusi dalam pemerintahan. Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan
sebuah Server yang berfungsi sebagai
alat koordinasi diantara: DARPA, ARPANET,
DDN dan Internet Gateway.
Ø Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
~ Tahun 1991- Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi
ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para
anggotanya. 1992 pembentukan komunitas Internet, dan diperkenalkannya istilah
World Wide Web oleh CERN. 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa
pelayanan Internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (
oleh AT&T ), Jasa Registrasi (
oleh Network Solution Inc,
), dan jasa Informasi ( oleh General
Atomics / CERFnet
), 1994 pertumbuhan
Internet melaju dengan
sangat cepat dan mulai merambah kedalam segala segi kehidupan manusia dan
menjadi bagian yang tidak dapat
dipisahkan dari manusia. 1995, Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi
provider dengan membeli jaringan di Backbone, langkah ini memulai pengembangan
Teknologi Informasi khususnya Internet dan penelitian – penelitian untuk
mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
C.
Peranan Teknologi Informasi Bagi Kehidupan Manusia
Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah
mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang
kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani.
Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis,
dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu
dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu,
negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.
Ø Di Bidang Pendidikan
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan
dari pendidikan tatap muka yang
konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka ( Mukhopadhyay M., 1995 ).
Bishop G. ( 1989 ) meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes ( flexible ), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang
memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia,
maupun pengalaman pendidikan sebelumnya.
Mason R. ( 1994 ) berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih
ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya gedung sekolah.
Namun, teknologi tetap akan memperlebar jurang antara di kaya dan si miskin.
Tony Bates ( 1995 ) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan
kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan
latihan, dan mempunyai arti yang
sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi.
Alisjahbana I. ( 1966 ) mengemukakan bahwa pendekatan pendidikan dan pelatihan nantinya akan bersifat saat itu juga ( Just on Time )?. Teknik pengajaran baru akan bersifat dua arah,
kolaboratif, dan inter-disipliner.
Romiszowski & Mason ( 1996 ) memprediksi penggunaan Computer- based
Multimedia Communication ( CMC )? yang
bersifat sinkron dan asinkron.
Dari ramalan dan pandangan para
cendikiawan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan masuknya pengaruh
globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua
arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja saat itu juga? dan kompetitif.
Ø Di Bidang Pemerintahan
Mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan
keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses
transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan
jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada intinya adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat
meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak – pihak lain. penggunaan
teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C
( Governmet
to Citizen ), G2B ( Government to Business ),
dan G2G ( Government to Government
).
Ø Di Bidang Keuangan Perbankan
Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota – kota
besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi
pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern.
Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota – kota besar ini dapat
dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota –
kota besar saja, yang menyebabkan
perputaran uang juga terpusat di kota –
kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke
daerah – daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur
saat ini selain aspek geografis Indonesia yang
unik dan luas.
Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan /
perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal
yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan
bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah
dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah
dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya
dalam hitungan menit saja, semua
transaksi dapat dilakukan.
Pengembangan teknologi dan infrastruktur telematika di Indonesia akan
sangat membantu pengembangan industri di sektor keuangan ini, seperti perluasan
cakupan usaha dengan membuka cabang – cabang di daerah, serta pertukaran informasi
antara sesama perusahaan asuransi, broker, industri perbankan, serta lembaga pembiayaan lainnya.
D.
Dampak Kemajuan Teknologi Informasi
Adapun dampak dari kemajuan teknologi informasi tidak hanya dampak
positifnya saja yaitu dapat menunjang kegiatan manusia melainkan juga terdapat dampak negatifnya, hal ini terjadi karena penyalahgunaan
teknologi informasi ini.
Ø Dampak Positif
1.
Internet sebagai media komunikasi, merupakan
fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet
dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.
Media
pertukaran data, dengan menggunakan email,
newsgroup, ftp dan www (world wide
web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh
dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3.
Media untuk mencari informasi atau data,
perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber
informasi yang penting dan akurat.
4.
Kemudahan memperoleh informasi yang ada di
internet sehingga manusia tahu apa saja yang
terjadi.
5.
Bisa
digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain – lain.
6.
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi
menuju ke tempat penawaran / penjualan.
Ø Dampak Negatif
1.
Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan
pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang
dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para
produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses. Di internet terdapat gambar – gambar
pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2.
Violence and
Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan.
Karena segi bisnis dan isi pada dunia
internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara
agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan
hal-hal yang bersifat tabu.
3.
Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun
tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan
hal ini atau mengkonfirmasi informasi
yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4.
Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ ( langsung ), cara
belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat
internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat
yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi ( yang
menggunakan Kartu Kredit ) on-line
dan mencatat kode
Kartu yang digunakan.
Untuk selanjutnya
mereka menggunakan data yang
mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5.
Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan
jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk
memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak
agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari
pengunjungnya.
~ Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih
suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung ( face to face ).
~ Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan
perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
~ Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet ( kejahatan juga ikut berkembang ).
~ Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang
menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari uraian mengenai teknologi informasi di atas, dapat ditarik kesimpulan yaitu
perkembangan teknologi dan informasi sangat berpengaruh dalam semua
bidang kehidupan manusia secara global khususnya di Indonesia baik itu bidang
ekonomi, sosial, pendidikan, pemerintahan dan kesehatan. Walaupun menimbulkan
dampak positif dan negatif, tetapi perkembangan teknologi dan informasi telah
mengubah kehidupan manusia. Hal ini
akan berlangsung secara terus-menerus sampai terhentinya kehidupan di muka bumi
ini.
B.
Saran
Semakin cepat perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi menuntut
manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang
tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat di capai. Banyaknya sektor kehidupan
yang ada di harapkan membuka inovasi baru bagi kita untuk mencapai sesuatu yang
baru untuk kemajuan peradaban manusia. Namun semua inovasi tersebut hendaknya
harus di batasi oleh aturan hukum negara dan budaya bangsa Indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk alasan apapun? Hubungi kami sekarang dengan terjangkau
BalasHapusPinjaman Penawaran di 3% Suku Bunga dengan minimal $ 1.000 dan maksimum
dari $ 50,000,000,00 dan Jika tertarik harus silahkan hubungi kami di:
jamesben614@gmail.com untuk info lebih lanjut.
Anda diminta untuk mengisi dan mengirimkan rincian berikut sehingga
kita dapat melanjutkan dengan pinjaman
transaksi.
Namamu:
Alamat:
Negara:
Negara:
Seks:
Usia:
Jumlah pinjaman:
lamanya:
pendapatan bulanan:
Nomor telepon:
Tujuan pinjaman:
jamesben614@gmail.com
Terima kasih, salam seperti yang kita menunggu tanggapan mendesak Anda.
Pak James. Ben