Rabu, 30 Desember 2015

SISTEM APLIKASI KOMPUTER “ AKUNTANSI DENGAN MYOB”

KARYA TULIS ILMIAH
SISTEM APLIKASI KOMPUTER
“ AKUNTANSI DENGAN MYOB

DISUSUN OLEH:
YUNITA PRASTICA DEWI
3115100954
D3 MANAJEMEN INFORMATIKA

STIKOM PGRI BANYUWANGI
2015
BAB 1 PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Pada zaman sekarang aplikasi komputer makin canggih tetapi penggunaan komputer oleh masyarakat umum mungkin hanya sebatas pertukaran informasi dan pemanfaatan dalam batas-batas minimal saja, padahal fungsi dan manfaat dari komputer itu sendiri sangat luas.Apalagi dalam universitas atau perguruan tinggi bukan hanya mahasiswa dari fakultas ilmu komputer saja yang mempelajari ilmu komputer, tetapi mahasiswa dari fakultas sastra, kedokteran, teknik, bahkan fakultas ekonomipun mempelajarinya.Bagi fakultas ekonomi khususnya jurusan akuntansi penggunaaan komputer itu sangat penting.Karna dapat mempermudah mengerjakan laporan keuangan. Manfaat komputer itu sendiri bagi anak akuntansi sangat banyak, antara lain dapat mengerjakan siklus akuntansi mulai dari jurnal, buku besar, neraca lajur, laporan keunagan, sampai neraca saldo penutup secara cepat dan akurat dengan menggunakan komputer berbasis akuntansi contohnya MYOB dan lain-lain.Sistem komputerisasi dapat mengerjakan berbagai dokumen yang digunakan dalam perusahaan, seperti : faktur, laporan piutang bulanan, check gaji dan laporan pendapatan.Dibidang akuntansi sistem pemrosesan informasi akuntansi berbasis komputer banyak ditawarkan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi para akuntan untuk menghasilkan informasi yang dapat dipercaya, tepat waktu, lengkap, dapat dipahami, dan teruji.
 Dari hal tersebut mahasiswa akuntansi dapat melihat banyak sekali peluang untuk dapat memenuhi kebutuhan perusahaan akan akuntansi berbasis komputer dengan cara membuat software-software akuntansi. Software akuntansi yang dibuat harus dapat memenuhi kebutuhan para akuntan sehingga software tersebut dirasakan sangat bermanfaat bagi perusahaan, khususnya bagi para akuntan yang menggunakan software tersebut. (Hermawan, 2013).




1.2  RUMUSAH MASALAH
Rumusan masalah dalam makalah ini akan diarahkan kepada beberapa item penting, yaitu :
1.       Bagaimana Sejarah dan pengertian MYOB ?
2.      Apa fitur yang disediakan oleh MYOB ?
3.      Bagaimana langkah pengerjaan MYOB ?
4.      Apa manfaat MYOB dalam perusahaan ?
5.      Apa Kelemahan dan kelebihan MYOB ?
















1.3  MANFAAT  PENELITIAN
·         Mahasiswa akan mendapat keahlian khusus dalam mengoperasikan program MYOB.
Saat ini program MYOB adalah program yang paling banyak dipakai di Indonesia untuk skala perusahaan kecil dan menengah yang jumlahnya tak terhitung banyaknya. Jumlah ini terus bertambah dari waktu ke waktu seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis di Indonesia. Dengan keahlian mengoperasikan program MYOB, mahasiswa akan mempunyai kesempatan kerja yang lebih luas.
·         .Mahasiswa mempunyai daya saing di dalam dan luar negeri.
MYOB adalah program yang paling banyak digunakan di negara-negara maju seperti : Amerika, Australia, Canada, Singapura, Inggris dll. Dengan demikian keahlian ini tidak saja berguna dalam mencari lapangan pekerjaan di dalam negeri, tetapi juga menjadi bekal untuk bersaing sebagai tenaga professional di luar negeri.
·         .Pengalaman bekerja dengan data perusahaan menggunakan program MYOB.
Dengan mengikuti pelatihan MYOB, maka pada saat mahasiswa telah menyelesaikan program studinya di universitas, mereka akan mendapatkan tambahan pengalaman didalam pengoperasian program MYOB.










BAB  II PEMBAHASAN

1.3  SEJARAH  MYOB
MYOB merupakan program computer akuntansi (accounting software),MYOB dimulai di Australia pada tahun 1991 dan merupakan salah satu perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan kecil-menengah sampai perusahaan menengah-besar akan sistem manajemen bisnis (business management systems) yang powerful, mudah dan terjangkau.
Sukses ini kemudian berkembang ke seluruh dunia,MYOB pada tahun itu juga memenangkan MacWorld Award untuk kategori Best Accounting Software dan kategori Best Newcomer Software.
Berdasarkan komparatif secara fisik terlihat perbedaan antara MYOB Accounting versi 15.0 dengan versi Premier 9.0.
  • MYOB Accounting versi 15.0 digunakan untuk kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan satu sistem mata uang (single currency). Ex, rupiah. Kegiatan administrasinya pun hanya menggunakan satu komputer saja.
  • MYOB Premier 9.0 digunakan untuk kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan berbagai mata uang (multi currency). Ex, IDR dan U$$. Kegiatan administrasinya biasanya melibatkan banyak komputer yang berhubungan satu sama lain (integrated networking).







1.4  PENGERTIAN MYOB

MYOB merupakan kependekan dari Mind Your Own Business.Program aplikasi komputer yang di gunakan sebagai aplikasi otomatis pembukuan yang mudah dan mampu menampilkan laporan keuangan secara lengkap, cepat dan akurat. Program ini di buat oleh MYOB Limited Australia. Myob Limited merekomendasikan MYOB Accounting dapat di terapkan pada 105 jenis perusahaan, sehingga dapat di komputerisasikan pada proses akuntansi bisnis dengan menggunakan Accounting Plus. MYOB Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software ).
















1.5  FITUR YANG DISEDIAKAN  MYOB

MYOB dibuat sebagai gabungan beberapa modul yang disajikan dalam satu paket.Beberapa modul ( fitur ) gabungan oleh MYOB Accounting yang kemudian digabung salah satu form yang disebut dengan Command Centre, adalah sbb :

1. Account                                                                       
Terdiri dari :
- Account List
- Record Journal Entry
- Transaction Journal

2. Banking
Terdiri dari :
- Spend Money
- Receive Money
- Prepare Bank
- Deposit
- Bank Register
- Reconcile Account
- Print Cheque
- Transaction Journal

3. Sales
Terdiri dari :
- Sales Register
- Enter Sales
- Received Payment
- Transaction Journal
- Print Invoice
- Print Statment

4. Purchase
Terdiri dari :
- Purchase Register
- Enter Purchase
- Pay Bill
- Print Cheque Order
- Print Cheque
- Prepare Electrinic
- Payment
- Transaction Journal

5. Inventory
Terdiri dari :
- Item List
- Set Item List
- Count Inventory
- Tranfer Inventory
- Adjust Inventory
- Auto Build Inventory
- Transaction Journal

6. Card File
Terdiri dari :
- Card List
- Contac Log
- Print Mailing Labels










1.6  LANGKAH LANGKAH PENGERJAAN MYOB

Pada awal kita buka program MYOB, maka akan diperlihatkan sebuah tampilan dengan beberapa pilihan yang disediakan. Untuk selanjutnya kita akan membuat file untuk perusahaan bar, langkahnya sebagai berikut :
1. Pilih Create, kemudian akan tampil gambar sebagai berikut:
introduction.jpg
2. Klik next saja, karena itu adalah informasi awal program Myob                             3. Langkah berikutnya adalah isi data perusahaan, termasuk nama Perusahaan alamat,No. Telepon, Fax dam Email, lalu klikNext.
company.jpg
4. Langkah berikutnya adalah setting periode Akuntansi.
account-inform2
Untuk setting diatas, anda harus pastikan settingan tahun benar yaitu 2008 dan settingan bulan juga harus tepat yaitu di akhiri bulan desember pada Last month of financial (bulan akhir periode akuntansi) serta bulan Januari pada Conversion Month (bulan awal periode akuntansi). Karena kalau anda sala, makapada waktu menjurnal nantinya akan berpengaruh. Kemudian klik Next.
5. Maka akan tampil informasi yang telah di set tadi. Pada tahap ini cukup klik Next saja.
6. Pada langkah ini anda diperlihatkan 3 pilihan untuk memilih Perkiraan.
     Pilihan pertama = bila menggunakan perkiraan dari program Myob
     Pilihan kedua = bila ingin mengimpor perkiraan dari perusahan lain / file lain
     Pilihan ketiga = bila ingin membuat sendiri perkiraan tersebut.
Anda boleh memilih apa saja, karena nantinya akan anda set juga perkiraannya, standarnya pilih saja No. 1 lalu klik Next.
7. Kemudian silahkan jenis Perusahaan anda, dan type bisnis dari perusahaan tersebut. Ini pun boleh anda abaikan, lalu klik aja Next.
8. Pada langkah ini tentukan tempat penyimpanan file anda.
change.jpg
Setelah itu, silahkan klik Next.maka tampil proses dari settingan awal file anda.
9. Kemudian pada pilihan terakhir , pilih Command Center.
10.Setelah anda klik Command Center maka akan muncul tampilan awal file anda seperti gambar dibawah ini :
pt-abc.jpg
Setelah itu, kita harus merancang akun:
Membuat Account baru :
  1. Dari Account List klik ikon New
  2. Tentukan apakah Header atau Details
  3. Tentukan type account sesuai dengan fungsi accounts
  4. Masukkan nomor account sesuai data yang diperlukan
  5. Tekan enter, lalu masukkan nama account yang akan dibuat, klik OK

Menghapus Account (delete account) :
  1. Dari Account List
  2. Klik tanda panah atau double klik account yang sudah diblok
  3. Klik Edit, pilih Delete Account (sehingga account akan terhapus)
·         Masukkanlah semua akun yang ada dalam neraca saldo (soal) ke dalam masing-masing kelompok akun (dari kelompok assets sampai other expense)
·         Akun-akun yang sudah tersedia yang bertanda (v) pada linked-nya dan tidak dibutuhkan harus di-inactive-kan dengan cara doble click pada akun tersebut 
·         Akun-akun yang sudah tersedia dan dibutuhkan, cukup disesuaikan dengan soalnya. Ganti nomor akunnya sesuai yang tertera pada soal, (contoh : retained earning pada equity
·         Akun yang di link, bias juga diganti dengan nama akun lainnya, seperti:
Ø  Cheque Account diganti dengan Cash in Bank
Ø  Undeposited Funds diganti dengan Petty Cash
Ø  Trade Debtors diganti dengan Accounts Receivable
Ø  Trade Creditors diganti dengan Accounts Payable

·         Akun yang tidak dibolehkan untuk dihapus:
·         Current Year Earnings
·         Historical Balancing
·         Payroll Liabilities
Meng-ekspor Accounts List
Daftar akun yang dibuat di MYOB bisa diisikan satu persatu seperti cara yang sudah ditunjukkan sebelumnya. Selain diisikan satu persatu, ada cara lainnya yaitu menyiapkan daftar akun dalam format Tab Delimited Text File (File.TXT).
Caranya:

1.      Buka menu File,
2.      Pilih Export Data,
3.      Pilih Accounts,
4.      Pilih Account Information
5.      Klik Continue
6.      Klik Match All,
7.      Lalu klik tombol Export
8.      Tetapkan Directory dan nama folder untuk menempatkan file txt
9.      File Name : ketik nama file
10.  Klik tombol Save
11.  Proses Export daftar akun akan dilakukan oleh MYOB.
Meng-import akun
1.      Buka menu File, pilih Import Data, pilih Accounts, pilih Account Information
2.      Duplicate Records : pilih Update Existing Record,
3.      Klik Continue.
4.      Cari nama file di folder dan direktori yang sudah disimpan sebelumnya, klik Open.
5.      Klik Match All, lalu klik Import.
6.      Informasi record yang tidak berhasil di impor akan dibuatkan file oleh MYOB dengan nama file MYOBPLOG.TXT. File tersebut akan diletakkan bersamaan dengan letak folder tempat data MYOB berada.
Menyetting pajak
1.      List – tax codes
2.      Hapus kode pajak yang tidak diperlukan. Kode pajak yang biasa digunakan adalah GST dan NT( Non Taxable).
3.      Klik akun GST pada description diisi Pajak Pertambahan Nilai – rate diisi 10% - tax collected diisi VAT Out – tax paid diisi VAT In – OK
4.      Pada akun NT tidak perlu diapa-apakan, tetapi jika sudah terlanjur di klik, maka rate dan tax collected diisi sama seperti GST.
Linked account
1.      Setup – linked account
2.      Klik menu setup, linked account, pilih account & banking account. Selanjutnya kotak dialok account & banking account akan muncul. Dalam kotak dialog ini isi kan nomor akun untuk menghubugkan akun kas/bank. Lalu pilih ok untuk menutup kotak dialog account & banking account
3.      Setup – linked account – sales account – tracking receivables diisi account receivable – Bank account diisi rekening kas yang digunakan untuk menampung piutang – 4 item di bawahnya diisi sesuai soal. Freight apabila ada pendapatan jasa angkut, deposits apabila terdapat uang muka penjualan, discount apabila ada potongan penjualan, late payment apabila ada pendapatan denda – OK
4.      Setup – linked account – purchases account – tracking payable diisi account payable – Bank account diisi rekening kas yang digunakan untuk membayar utang – 4 item dibawahnya diisi sesuai soal. Feight apabila ada beban angkut, deposits apabila ada uang muka pembelian, discount apabila ada potongan pembelian, late payment apabila ada denda keterlambatan - OK
Membuat kartu piutang (customer) dan utang (supplier)
1.      Masuk menu card file – card list – customer – new – tekan tab – isi ID – isi alamat dll sesuai soal, kecuali saldo piutang – klik selling detail – atur terminnya – OK
2.      Masuk modul card file – card list – supplier – new – tekan tab – isi ID – isi alamat dll sesuai soal, kecuali saldo utang – klik buying detail – atur terminnya – OK
3.      Termin COD digunakan apabila customer/supplier menggunakan termin tunai saat transaksi
4.      Termin In a Given of Days digunakan apabila customer/supplier menggunakan syarat pembayaran missal 2/10, n/30. Discount day diisi 10, Balance due days diisi 30, %discount early payment diisi 2%.
Membuat kartu persediaan (merchandise inventory)
1.      Masuk menu Inventory – item list – New
2.      Isikan Profile : isikan data barang yang dibeli dan dijual tersebut seperti :
3.      Item Number : kode barang (maks 30 karakter)
4.      Name : nama barang (maks 30 karakter)
5.      I Buy This Item : aktifkan jika barang tersebut dibeli
6.      I Sell This Item : aktifkan jika barang tersebut dijual
7.      I Inventory This Item : aktifkan jika barang tersebut di stock
8.      Cost of Sales Account : akun Harga Pokok Penjualan
9.      Tracking Sales : akun Penjualan
10.  Item Inventory : akun Persediaan Barang
11.  Tentukan Buying Details
12.  Standard Cost : harga pokok standar
13.  Buying unit of Measure : satuan pembelian (PCS)
14.  Tax Code When Bought : kode pajak saat dibeli (P10)
15.  Tentukan Selling Details
16.  Base Selling Price : harga jual dasar
17.  Selling unit of Measure : satuan unit penjualan (PCS)
18.  Tax Code When Bought : kode pajak saat dijual (P10)
19.  Klik OK.

Membuat Item Baru (Asuransi):

Apabila ada pengenaan Asuransi setiap transaksi penjualan kepada pelanggan, maka setiap terjadi penjualan kita akan mengenakan tambahan Piutang dan dicatat sebagai Utang Asuransi.
1.      Klik Tombol New di dalam tampilan jendela Item Lists
2.      Profile : isikan data barang yang dibeli dan dijual tersebut seperti :
·         Item Number : kode asuransi
·         Name : nama asuransi
·         I Sell This Item : aktifkan pilihan ini karena akan ditampilkan di isian Enter Sales
·         Tracking Sales : akun Utang Asuransi
·         Selling Details : isikan data barang yang dibeli dan dijual tersebutm seperti
·         Base Selling Price : kosongkan
·         Selling unit of Measuer : kosongkan
·         Tax Code When Sold : pilih P10
·         Klik Ok, jika sudah selesai membuat item.
Mengisi saldo awal akun
1.      Setup – balances – account opening balances – isi masing-masing saldo sesuai neraca saldo pada soal hingga angka amount be allocated menunjukkan angka 0.
2.      Akun-akun yang saldo normalnya di debet tapi bernilai negative (sebaliknya), awali tanda (-) sebelum menuliskan angka saldonya (contoh : allowance for doubtful debt)
3.      Akun-akun yang saldo normalnya di kredit tetapi bernilai sebaliknya, awali tanda (-) sebelum menuliskan angka saldonya (contoh : prive)
4.      Jika sudah balance, maka out of balancenya akan 0
Mengisi saldo awal piutang
1.      Setup – balances – customer balances – pilih customer pada customer detail – add sale – tekan tab – isi tanggal sesuai soal – isi memo dengan saldo awal piutang – total including tax diisi dengan saldo piutangnya – ganti tax code dengan PPN - record
Mengisi saldo awal utang
·         Setup – balances – supplier balances – pilih supplier pada supplier detail – add purchase – tekan tab – isi tanggal sesuai soal – isi memo dengan saldo awal utang – total including tax diisi dengan saldo utangnya – ganti tax code dengan PPN - record
Mengisi saldo awal persediaan
1.      Masuk menu inventory – adjust inventory
2.      Lalu isikan data saldo awal barang
·         Inventory Journal Number : otomatis diisikan oleh MYOB
·         Date : tanggal saldo awal (1 Desember 2009)
·         Memo : keterangan saldo awal yang muncul di buku besar
·          Item Number : tekan enter, lalu pilih kode barang
·          Quantity : isikan kuantitas barang (saldo awal)
·         Unit Cost : isikan harga pokok per unit untuk setiap barang
·          Amount : otomatis diisikan dari perkalian qty x harga pokok
·          Account : tekan enter, pilih akun buku besar persediaan barang
·         Memo : isikan detail keterangan tambahan disetiap barang
·         Record : tombol untuk memposting transaksi ke buku besar, sebelumnya tekan tombol Ctrl R di keyboar untuk melihat efek jurnal dari transaksi Adjust Inventory ini.
Mengerjakan transaksi
1.      Penjualan kredit : sales – enter sales – hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang – isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – tekan tab – record
2.      Penjualan tunai : sales – enter sales – hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang – isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – isi paid today dengan jumlah uang yang diterima (apabila tunai seluruhnya, maka isi sesuai jumlah yang ada pada balance due) – record.
3.      Retur atas penjualan kredit :. sales – enter sales – hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang {awali dengan tanda (-)}– isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – tekan tab – record. Setelah direcord, klik register – klik returns & credits – klik apply to sale – isi tanggal returnya – record
4.      Retur atas penjualan tunai : langkahnya sama seperti retur atas penjualan kredit, hanya saat masuk register – returns & credits – klik pay refund – isi tanggal retur – record
5.      Penerimaan piutang : sales – receive payment – isi customer – isi nomor bukti pada ID - isi tanggal pada date – isi jumlah pada amount receive – klik amount applied – tekan tab – record.
6.      Pembelian kredit : purchase – enter purchase – hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang – isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – tekan tab – record
7.      Pembelian tunai : purchase – enter purchase – hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang – isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – isi paid today dengan jumlah uang yang diterima (apabila tunai seluruhnya, maka isi sesuai jumlah yang ada pada balance due) – record.
8.      Retur atas pembelian kredit : purchase – enter purchase - hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang {awali dengan tanda (-)}– isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – tekan tab – record. Setelah direcord, klik register – klik returns & credits – klik apply to purchase – isi tanggal returnya – record
9.      Retur atas pembelian tunai : langkahnya sama seperti retur atas pembelian kredit, hanya saat masuk register – returns & credits – klik receive refund – isi tanggal retur – record.
10.  Pengeluaran kas selain pelunasan utang : banking – spend money – hilangkan tanda tax inclusive – pilih jenis kas yang akan dikeluarkan pada bagian account – isi payee dengan nama pihak yang dibayar – isi nomor cek – isi tanggal – isi jumlah yang dibayar pada amount – isi acct dengan akun debitnya – isi jumlahnya pada amount – record.
11.  Penerimaan kas selain penerimaan piutang : banking – receive money - hilangkan tanda tax inclusive – pilih jenis kas penerima pada bagian account – isi payor dengan nama pihak yang membayar – isi nomor bukti – isi tanggal – isi jumlah yang dibayar pada amount received – isi acct dengan akun kreditnya – isi jumlahnya pada amount – record.
12.  Mencatat penyesuaian : accounts – record journal entry – isi tanggal – isi memo – isi akun debit – isi akun kredit – record.
13.  Penyesuaian untuk rekonsiliasi : banking – reconcile accounts – isi account dengan cash in bank – isi tanggal pada bank statement date – pada new statement balance isilah dengan jumlah angka yang tercatat pada calculate statement balance sehingga out of balance bernilai 0 – klik ikon bank entry – isi amount pada service charge sesuai soal – isi ID – isi tanggai – isi expense account dengan akun bank service charge – isi amount pada interest earned sesuai soal – isi ID – isi tanggal – isi income account dengan interest income – record – klik ikon sehingga setiap baris akan otomatis ditandai – klik reconcile – klik cancel
14.  Melakukan transfer (pemindahan) kas : accounts – transfer money – isi tanggal – isi transfer money from dengan kas yang akan dipindah – isi transfer money to dengan kas yang menerima pindahan – isi amount dengan jumlah uang yang ditransfer – record
15.  Menampilkan dan mencetak laporan keuangan
1.      Menampilkan dan mencetak neraca : reports – accounts – pada balance sheet pilih standard balance sheet – display – print – pilih printer – tentukan banyak rangkap – OK
2.      Menampilkan dan mencetak laporan laba rugi : reports – accounts – profit & lost (accrual) – display – print – pilih printer – tentukan banyak rangkap – OK
3.      Menampilkan dan mencetak laporan arus kas : reports – banking – statement of cash flow – display – print – pilih printer – tentukan banyak rangkap – OK


2.5  MANFAAT MYOB

Mahasiswa akan mendapat keahlian khusus dalam mengoperasikan program MYOB.
Saat ini program MYOB adalah program yang paling banyak dipakai di Indonesia untuk skala perusahaan kecil dan menengah yang jumlahnya tak terhitung banyaknya.Jumlah ini terus bertambah dari waktu ke waktu seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis di Indonesia. Dengan keahlian mengoperasikan program MYOB, mahasiswa akan mempunyai kesempatan kerja yang lebih luas.

  Mahasiswa mempunyai daya saing di dalam dan luar negeri.
MYOB adalah program yang paling banyak digunakan di negara-negara maju seperti : Amerika, Australia, Canada, Singapura, Inggris dll. Dengan demikian keahlian ini tidak saja berguna dalam mencari lapangan pekerjaan di dalam negeri, tetapi juga menjadi bekal untuk bersaing sebagai tenaga professional di luar negeri.

  Pengalaman bekerja dengan data perusahaan menggunakan program MYOB.
Dengan mengikuti pelatihan MYOB, maka pada saat mahasiswa telah menyelesaikan program studinya di universitas, mereka akan mendapatkan tambahan pengalaman didalam pengoperasian program MYOB.

  Mahasiswa yang mendapat pelatihan program MYOB adalah mahasiswa siap pakai dalam dunia usaha.
Dengan mendapat pelatihan program MYOB, mahasiswa tidak perlu lagi mengambil program tambahan untuk dapat siap masuk di dunia usaha.

2.6  KELEMAHAN DAN KELEBIHAN MYOB

KELEMAHAN MYOB:
  1. Tidak Adanya Fitur Pelaporan Perpajakan di Indonesia 
Karena merupakan salah satu software yang dikembangkan oleh Australia, maka dari itu beberapa fitur masih mengadopsi Australian style, seperti fitur perpajakannya.Sehingga bagi anda yang ingin menghitung pajak dan juga pelaporan pajak, anda harus menggunakan software lainnya untuk melakukan penghitungan pajak perusahaan anda.
  1. Hanya Bisa Dilakukan pada Satu Perusahaan 
MYOB hanya cocok untuk digunakan oleh pebisnis yang hanya memilki satu perusahaan saja. Jadi bagi anda yang memiliki perusahaan atau anak perusahaan lebih dari satu, alias multi company, sehingga tidak cocok bagi pengusaha yang multi-company. Aplikasi MYOB belum bisa memenuhi kebutuhan para pebisnis dengan banyak kebutuhan.
KELEBIHAN MYOB:
1.      Mudah Untuk Digunakan
Kelebihan pertama dari software MYOB ini adalah mudah untuk digunakan. Ya, sama seperti kebanyak software lainnya MYOB memiliki icon – icon serta description yang jelas untuk tiap fungsinya. Sehingga siapapun yang mungkin tidak mempelajari akuntansi tetap akan bisa menggunakan software MYOB ini. Anda hanya perlu menginput data – data dalam database, lalu kemudian melakukan penghitungan dengan mudah dan cepat.
2.      Pengolahan Perhitungan Akuntansi yang Akurat dan Tepat
Perhitungan akuntansi akan menjadi lebih cepat dan juga efisien dengan menggunakan software ini. Bayangkan apabila anda harus menghitung pembukuan dan beragam rumus akuntansi untuk satu periode secara manual, pasti akan memakan waktu sangat lama. Karena itu, penggunaan MYOB sangat membantu dalam hal efiseisnsi waktu dan juga kecepatan dari perhitungan akuntansi.
3.      Dapat Membantu Mengolah Manajemen Proyek 
Apabila anda membawahi lebih dari 1 departemen, maka MYOB bisa melakukan hal ini.Jadi, MYOB bersifat multi user, bisa digunakan untuk mengawasi dan juga melakukan pengolahan data dari proyek – proyek yang sudah dilakukan oleh departemen yang anda bawahi, seperti departemen keuangan, departemen marketing, departemen HRD, dan kemudian mengolahnya untuk membuat laporan akuntasi dan keuangan perusahaan secara utuh.










BAB 111 KESIMPULAN DAN SARAN

1.1  KESIMPULAN

MYOB Accounting adalah aplikasi akuntansi yang populer saat ini. MYOB Accounting memfokuskan pada perusahaan jasa dan dagang disamping jenis perusahaan yang lain pun bisa juga diterapkan. Paling cocok aplikasi ini diterapkan pada perusahaan menengah kebawah, untuk perusahaan besar rasanya tidak memadai, karena biasanya perusahaan besar jumlah transaksinya sangat komplek sehingga biasanya mempunyai program yang dirancang sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.




























DAFTAR PUSTAKA



http://myobaccountingv13.blogspot.com/2009/03/belajar-mudah-myob-accounting-v-13.html
http://google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar