KARYA TULIS
ILMIAH
SISTEM
APLIKASI KOMPUTER
“ AKUNTANSI
DENGAN MYOB”

DISUSUN OLEH:
YUNITA PRASTICA DEWI
3115100954
D3 MANAJEMEN INFORMATIKA
STIKOM PGRI
BANYUWANGI
2015
BAB
1 PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
Pada zaman sekarang aplikasi
komputer makin canggih tetapi penggunaan komputer oleh masyarakat umum mungkin
hanya sebatas pertukaran informasi dan pemanfaatan dalam batas-batas minimal
saja, padahal fungsi dan manfaat dari komputer itu sendiri sangat luas.Apalagi
dalam universitas atau perguruan tinggi bukan hanya mahasiswa dari fakultas
ilmu komputer saja yang mempelajari ilmu komputer, tetapi mahasiswa dari
fakultas sastra, kedokteran, teknik, bahkan fakultas ekonomipun
mempelajarinya.Bagi fakultas ekonomi khususnya jurusan akuntansi penggunaaan
komputer itu sangat penting.Karna dapat mempermudah mengerjakan laporan
keuangan. Manfaat komputer itu sendiri bagi anak akuntansi sangat banyak,
antara lain dapat mengerjakan siklus akuntansi mulai dari jurnal, buku besar,
neraca lajur, laporan keunagan, sampai neraca saldo penutup secara cepat dan
akurat dengan menggunakan komputer berbasis akuntansi contohnya MYOB dan
lain-lain.Sistem komputerisasi dapat mengerjakan berbagai dokumen yang
digunakan dalam perusahaan, seperti : faktur, laporan piutang bulanan, check
gaji dan laporan pendapatan.Dibidang akuntansi sistem pemrosesan informasi
akuntansi berbasis komputer banyak ditawarkan dengan tujuan untuk memberikan
kemudahan bagi para akuntan untuk menghasilkan informasi yang dapat dipercaya,
tepat waktu, lengkap, dapat dipahami, dan teruji.
Dari hal tersebut mahasiswa
akuntansi dapat melihat banyak sekali peluang untuk dapat memenuhi kebutuhan
perusahaan akan akuntansi berbasis komputer dengan cara membuat
software-software akuntansi. Software akuntansi yang dibuat harus dapat
memenuhi kebutuhan para akuntan sehingga software tersebut dirasakan sangat
bermanfaat bagi perusahaan, khususnya bagi para akuntan yang menggunakan
software tersebut. (Hermawan, 2013).
1.2 RUMUSAH
MASALAH
Rumusan masalah dalam makalah ini akan diarahkan kepada beberapa
item penting, yaitu :
1. Bagaimana Sejarah dan pengertian MYOB ?
2. Apa
fitur yang disediakan oleh MYOB ?
3. Bagaimana
langkah pengerjaan MYOB ?
4. Apa
manfaat MYOB dalam perusahaan ?
5. Apa
Kelemahan dan kelebihan MYOB ?
1.3 MANFAAT PENELITIAN
·
Mahasiswa akan mendapat
keahlian khusus dalam mengoperasikan program MYOB.
Saat ini program MYOB adalah program yang paling banyak dipakai di Indonesia untuk skala perusahaan kecil dan menengah yang jumlahnya tak terhitung banyaknya. Jumlah ini terus bertambah dari waktu ke waktu seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis di Indonesia. Dengan keahlian mengoperasikan program MYOB, mahasiswa akan mempunyai kesempatan kerja yang lebih luas.
Saat ini program MYOB adalah program yang paling banyak dipakai di Indonesia untuk skala perusahaan kecil dan menengah yang jumlahnya tak terhitung banyaknya. Jumlah ini terus bertambah dari waktu ke waktu seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis di Indonesia. Dengan keahlian mengoperasikan program MYOB, mahasiswa akan mempunyai kesempatan kerja yang lebih luas.
·
.Mahasiswa mempunyai daya saing
di dalam dan luar negeri.
MYOB adalah program yang paling banyak digunakan di negara-negara maju seperti : Amerika, Australia, Canada, Singapura, Inggris dll. Dengan demikian keahlian ini tidak saja berguna dalam mencari lapangan pekerjaan di dalam negeri, tetapi juga menjadi bekal untuk bersaing sebagai tenaga professional di luar negeri.
MYOB adalah program yang paling banyak digunakan di negara-negara maju seperti : Amerika, Australia, Canada, Singapura, Inggris dll. Dengan demikian keahlian ini tidak saja berguna dalam mencari lapangan pekerjaan di dalam negeri, tetapi juga menjadi bekal untuk bersaing sebagai tenaga professional di luar negeri.
·
.Pengalaman bekerja dengan data
perusahaan menggunakan program MYOB.
Dengan mengikuti pelatihan MYOB, maka pada saat mahasiswa telah menyelesaikan program studinya di universitas, mereka akan mendapatkan tambahan pengalaman didalam pengoperasian program MYOB.
Dengan mengikuti pelatihan MYOB, maka pada saat mahasiswa telah menyelesaikan program studinya di universitas, mereka akan mendapatkan tambahan pengalaman didalam pengoperasian program MYOB.
BAB II PEMBAHASAN
1.3 SEJARAH MYOB
MYOB merupakan program computer akuntansi (accounting
software),MYOB dimulai di Australia
pada tahun 1991 dan
merupakan salah satu perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari
perusahaan kecil-menengah sampai perusahaan menengah-besar akan sistem
manajemen bisnis (business management systems) yang powerful, mudah dan
terjangkau.
Sukses
ini kemudian berkembang ke seluruh dunia,MYOB pada tahun itu juga memenangkan MacWorld Award untuk kategori Best Accounting
Software dan kategori Best Newcomer Software.
Berdasarkan
komparatif secara fisik terlihat perbedaan antara MYOB Accounting versi 15.0
dengan versi Premier 9.0.
- MYOB Accounting versi 15.0 digunakan untuk kegiatan
administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan satu sistem mata
uang (single currency). Ex, rupiah. Kegiatan administrasinya pun hanya
menggunakan satu komputer saja.
- MYOB Premier 9.0 digunakan untuk kegiatan
administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan berbagai mata uang
(multi currency). Ex, IDR dan U$$. Kegiatan administrasinya biasanya
melibatkan banyak komputer yang berhubungan satu sama lain (integrated
networking).
1.4 PENGERTIAN MYOB
MYOB
merupakan kependekan dari Mind Your Own Business.Program aplikasi komputer yang
di gunakan sebagai aplikasi otomatis pembukuan yang mudah dan mampu menampilkan
laporan keuangan secara lengkap, cepat dan akurat. Program ini di buat
oleh MYOB Limited Australia. Myob Limited merekomendasikan MYOB Accounting
dapat di terapkan pada 105 jenis perusahaan, sehingga dapat di komputerisasikan
pada proses akuntansi bisnis dengan menggunakan Accounting Plus. MYOB
Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil
menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software ).
1.5 FITUR
YANG DISEDIAKAN MYOB
MYOB dibuat sebagai gabungan
beberapa modul yang disajikan dalam satu paket.Beberapa modul ( fitur )
gabungan oleh MYOB Accounting yang kemudian digabung salah satu form yang
disebut dengan Command Centre, adalah sbb :
1. Account
Terdiri dari :
- Account List
- Record Journal Entry
- Transaction Journal
Terdiri dari :
- Account List
- Record Journal Entry
- Transaction Journal
2. Banking
Terdiri dari :
- Spend Money
- Receive Money
- Prepare Bank
- Deposit
- Bank Register
- Reconcile Account
- Print Cheque
- Transaction Journal
3. Sales
Terdiri dari :
- Sales Register
- Enter Sales
- Received Payment
- Transaction Journal
- Print Invoice
- Print Statment
4. Purchase
Terdiri dari :
- Purchase Register
- Enter Purchase
- Pay Bill
- Print Cheque Order
- Print Cheque
- Prepare Electrinic
- Payment
- Transaction Journal
Terdiri dari :
- Purchase Register
- Enter Purchase
- Pay Bill
- Print Cheque Order
- Print Cheque
- Prepare Electrinic
- Payment
- Transaction Journal
5. Inventory
Terdiri dari :
- Item List
- Set Item List
- Count Inventory
- Tranfer Inventory
- Adjust Inventory
- Auto Build Inventory
- Transaction Journal
Terdiri dari :
- Item List
- Set Item List
- Count Inventory
- Tranfer Inventory
- Adjust Inventory
- Auto Build Inventory
- Transaction Journal
6. Card File
Terdiri dari :
- Card List
- Contac Log
- Print Mailing Labels
Terdiri dari :
- Card List
- Contac Log
- Print Mailing Labels
1.6 LANGKAH
LANGKAH PENGERJAAN MYOB
Pada awal kita
buka program MYOB, maka akan diperlihatkan sebuah tampilan dengan beberapa
pilihan yang disediakan. Untuk selanjutnya kita akan membuat file untuk
perusahaan bar, langkahnya sebagai berikut :
1. Pilih Create,
kemudian akan tampil gambar sebagai berikut:


2. Klik next
saja, karena itu adalah informasi awal program Myob 3. Langkah berikutnya adalah isi data perusahaan, termasuk nama
Perusahaan alamat,No. Telepon, Fax dam Email, lalu klikNext.


4. Langkah berikutnya adalah
setting periode Akuntansi.


Untuk setting diatas, anda harus
pastikan settingan tahun benar yaitu 2008 dan settingan bulan juga harus tepat
yaitu di akhiri bulan desember
pada Last month of financial (bulan akhir periode akuntansi)
serta bulan Januari pada Conversion
Month (bulan awal periode akuntansi). Karena kalau anda sala, makapada
waktu menjurnal nantinya akan berpengaruh. Kemudian klik Next.
5. Maka akan tampil informasi yang
telah di set tadi. Pada tahap ini cukup klik Next saja.
6. Pada langkah ini anda
diperlihatkan 3 pilihan untuk memilih Perkiraan.
Pilihan pertama = bila menggunakan perkiraan dari program Myob
Pilihan kedua = bila ingin mengimpor perkiraan dari perusahan lain / file lain
Pilihan ketiga = bila ingin membuat sendiri perkiraan tersebut.
Pilihan pertama = bila menggunakan perkiraan dari program Myob
Pilihan kedua = bila ingin mengimpor perkiraan dari perusahan lain / file lain
Pilihan ketiga = bila ingin membuat sendiri perkiraan tersebut.
Anda boleh memilih apa saja,
karena nantinya akan anda set juga perkiraannya, standarnya pilih saja No. 1
lalu klik Next.
7. Kemudian silahkan jenis
Perusahaan anda, dan type bisnis dari perusahaan tersebut. Ini pun boleh anda
abaikan, lalu klik aja Next.
8. Pada langkah ini tentukan
tempat penyimpanan file anda.


Setelah itu, silahkan klik Next.maka
tampil proses dari settingan awal file anda.
9. Kemudian pada pilihan terakhir
, pilih Command Center.
10.Setelah anda klik Command
Center maka akan muncul tampilan awal file anda seperti gambar dibawah ini :

Setelah itu,
kita harus merancang akun:
Membuat Account baru :
- Dari Account List klik ikon New
- Tentukan apakah Header atau
Details
- Tentukan type account sesuai
dengan fungsi accounts
- Masukkan nomor account sesuai
data yang diperlukan
- Tekan enter, lalu masukkan nama
account yang akan dibuat, klik OK
Menghapus Account (delete account) :
- Dari Account List
- Klik tanda panah atau double
klik account yang sudah diblok
- Klik Edit, pilih Delete Account
(sehingga account akan terhapus)
·
Masukkanlah semua akun yang ada dalam neraca saldo (soal) ke
dalam masing-masing kelompok akun (dari kelompok assets sampai other expense)
·
Akun-akun yang sudah tersedia yang bertanda (v) pada
linked-nya dan tidak dibutuhkan harus di-inactive-kan dengan cara doble click
pada akun tersebut
·
Akun-akun yang sudah tersedia dan dibutuhkan, cukup
disesuaikan dengan soalnya. Ganti nomor akunnya sesuai yang tertera pada soal,
(contoh : retained earning pada equity
·
Akun yang di link, bias juga diganti dengan nama akun
lainnya, seperti:
Ø Cheque Account diganti dengan Cash
in Bank
Ø Undeposited Funds diganti dengan
Petty Cash
Ø Trade Debtors diganti dengan
Accounts Receivable
Ø Trade Creditors diganti dengan
Accounts Payable
·
Akun yang tidak dibolehkan untuk dihapus:
·
Current Year Earnings
·
Historical Balancing
·
Payroll Liabilities
Meng-ekspor Accounts List
Daftar
akun yang dibuat di MYOB bisa diisikan satu persatu seperti cara yang sudah
ditunjukkan sebelumnya. Selain diisikan satu persatu, ada cara lainnya yaitu
menyiapkan daftar akun dalam format Tab Delimited Text File (File.TXT).
Caranya:
1. Buka menu File,
2. Pilih Export Data,
3. Pilih Accounts,
4. Pilih Account Information
5. Klik Continue
6. Klik Match All,
7. Lalu klik tombol Export
8. Tetapkan Directory dan nama folder
untuk menempatkan file txt
9. File Name : ketik nama file
10. Klik tombol Save
11. Proses Export daftar akun akan
dilakukan oleh MYOB.
Meng-import akun
1. Buka menu File, pilih Import Data,
pilih Accounts, pilih Account Information
2. Duplicate Records : pilih Update
Existing Record,
3. Klik Continue.
4. Cari nama file di folder dan
direktori yang sudah disimpan sebelumnya, klik Open.
5. Klik Match All, lalu klik Import.
6. Informasi record yang tidak berhasil
di impor akan dibuatkan file oleh MYOB dengan nama file MYOBPLOG.TXT. File
tersebut akan diletakkan bersamaan dengan letak folder tempat data MYOB berada.
Menyetting pajak
1. List – tax codes
2. Hapus kode pajak yang tidak
diperlukan. Kode pajak yang biasa digunakan adalah GST dan NT( Non Taxable).
3. Klik akun GST pada description diisi
Pajak Pertambahan Nilai – rate diisi 10% - tax collected diisi VAT Out – tax
paid diisi VAT In – OK
4. Pada akun NT tidak perlu
diapa-apakan, tetapi jika sudah terlanjur di klik, maka rate dan tax collected
diisi sama seperti GST.
Linked account
1. Setup – linked account
2. Klik menu setup, linked account,
pilih account & banking account. Selanjutnya kotak dialok account &
banking account akan muncul. Dalam kotak dialog ini isi kan nomor
akun untuk menghubugkan akun kas/bank. Lalu pilih ok untuk menutup kotak dialog
account & banking account
3. Setup – linked account – sales
account – tracking receivables diisi account receivable – Bank account diisi
rekening kas yang digunakan untuk menampung piutang – 4 item di bawahnya diisi
sesuai soal. Freight apabila ada pendapatan jasa angkut, deposits apabila
terdapat uang muka penjualan, discount apabila ada potongan penjualan, late payment
apabila ada pendapatan denda – OK
4. Setup – linked account – purchases
account – tracking payable diisi account payable – Bank account diisi rekening
kas yang digunakan untuk membayar utang – 4 item dibawahnya diisi sesuai soal.
Feight apabila ada beban angkut, deposits apabila ada uang muka pembelian,
discount apabila ada potongan pembelian, late payment apabila ada denda
keterlambatan - OK
Membuat kartu piutang (customer) dan utang
(supplier)
1. Masuk menu card file – card list –
customer – new – tekan tab – isi ID – isi alamat dll sesuai soal, kecuali saldo
piutang – klik selling detail – atur terminnya – OK
2. Masuk modul card file – card list –
supplier – new – tekan tab – isi ID – isi alamat dll sesuai soal, kecuali saldo
utang – klik buying detail – atur terminnya – OK
3. Termin COD digunakan apabila
customer/supplier menggunakan termin tunai saat transaksi
4. Termin In a Given of Days digunakan
apabila customer/supplier menggunakan syarat pembayaran missal 2/10, n/30.
Discount day diisi 10, Balance due days diisi 30, %discount early payment diisi
2%.
Membuat kartu persediaan (merchandise inventory)
1. Masuk menu Inventory – item list –
New
2. Isikan Profile : isikan data barang
yang dibeli dan dijual tersebut seperti :
3. Item Number : kode barang (maks 30
karakter)
4. Name : nama barang (maks 30
karakter)
5. I Buy This Item : aktifkan jika
barang tersebut dibeli
6. I Sell This Item : aktifkan jika
barang tersebut dijual
7. I Inventory This Item : aktifkan
jika barang tersebut di stock
8. Cost of Sales Account : akun Harga
Pokok Penjualan
9. Tracking Sales : akun Penjualan
10. Item Inventory : akun Persediaan
Barang
11. Tentukan Buying Details
12. Standard Cost : harga pokok standar
13. Buying unit of Measure : satuan
pembelian (PCS)
14. Tax Code When Bought : kode pajak
saat dibeli (P10)
15. Tentukan Selling Details
16. Base Selling Price : harga jual
dasar
17. Selling unit of Measure : satuan
unit penjualan (PCS)
18. Tax Code When Bought : kode pajak
saat dijual (P10)
19. Klik OK.
Membuat Item Baru (Asuransi):
Apabila
ada pengenaan Asuransi setiap transaksi penjualan kepada pelanggan, maka setiap
terjadi penjualan kita akan mengenakan tambahan Piutang dan dicatat sebagai
Utang Asuransi.
1. Klik Tombol New di dalam tampilan
jendela Item Lists
2. Profile : isikan data barang yang
dibeli dan dijual tersebut seperti :
·
Item Number : kode asuransi
·
Name : nama asuransi
·
I Sell This Item : aktifkan pilihan ini karena akan
ditampilkan di isian Enter Sales
·
Tracking Sales : akun Utang Asuransi
·
Selling Details : isikan data barang yang dibeli dan dijual
tersebutm seperti
·
Base Selling Price : kosongkan
·
Selling unit of Measuer : kosongkan
·
Tax Code When Sold : pilih P10
·
Klik Ok, jika sudah selesai membuat item.
Mengisi saldo awal akun
1. Setup – balances – account opening
balances – isi masing-masing saldo sesuai neraca saldo pada soal hingga angka
amount be allocated menunjukkan angka 0.
2. Akun-akun yang saldo normalnya di
debet tapi bernilai negative (sebaliknya), awali tanda (-) sebelum menuliskan
angka saldonya (contoh : allowance for doubtful debt)
3. Akun-akun yang saldo normalnya di
kredit tetapi bernilai sebaliknya, awali tanda (-) sebelum menuliskan angka
saldonya (contoh : prive)
4. Jika sudah balance, maka out of
balancenya akan 0
Mengisi saldo awal piutang
1. Setup – balances – customer balances
– pilih customer pada customer detail – add sale – tekan tab – isi tanggal
sesuai soal – isi memo dengan saldo awal piutang – total including tax diisi
dengan saldo piutangnya – ganti tax code dengan PPN - record
Mengisi saldo awal utang
·
Setup – balances – supplier balances – pilih supplier pada
supplier detail – add purchase – tekan tab – isi tanggal sesuai soal – isi memo
dengan saldo awal utang – total including tax diisi dengan saldo utangnya –
ganti tax code dengan PPN - record
Mengisi saldo awal persediaan
1.
Masuk menu inventory – adjust inventory
2.
Lalu isikan data saldo awal barang
·
Inventory Journal Number : otomatis diisikan oleh MYOB
·
Date : tanggal saldo awal (1 Desember 2009)
·
Memo : keterangan saldo awal yang muncul di buku besar
·
Item Number : tekan
enter, lalu pilih kode barang
·
Quantity : isikan kuantitas
barang (saldo awal)
·
Unit Cost : isikan harga pokok per unit untuk setiap barang
·
Amount : otomatis
diisikan dari perkalian qty x harga pokok
·
Account : tekan
enter, pilih akun buku besar persediaan barang
·
Memo : isikan detail keterangan tambahan disetiap barang
·
Record : tombol untuk memposting transaksi ke buku besar,
sebelumnya tekan tombol Ctrl R di keyboar untuk melihat efek jurnal dari
transaksi Adjust Inventory ini.
Mengerjakan transaksi
1.
Penjualan kredit : sales – enter sales – hilangkan tanda pada
tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti layout item
dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang – isi item
number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight apabila ada
ongkos angkut – tekan tab – record
2.
Penjualan tunai : sales – enter sales – hilangkan tanda pada
tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti layout item
dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang – isi item
number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight apabila ada
ongkos angkut – isi paid today dengan jumlah uang yang diterima (apabila tunai
seluruhnya, maka isi sesuai jumlah yang ada pada balance due) – record.
3.
Retur atas penjualan kredit :. sales – enter sales –
hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi
- ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan
jumlah barang {awali dengan tanda (-)}– isi item number dengan nama barang –
isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – tekan tab –
record. Setelah direcord, klik register – klik returns & credits – klik
apply to sale – isi tanggal returnya – record
4.
Retur atas penjualan tunai : langkahnya sama seperti retur
atas penjualan kredit, hanya saat masuk register – returns & credits – klik
pay refund – isi tanggal retur – record
5.
Penerimaan piutang : sales – receive payment – isi customer
– isi nomor bukti pada ID - isi tanggal pada date – isi jumlah pada amount
receive – klik amount applied – tekan tab – record.
6.
Pembelian kredit : purchase – enter purchase – hilangkan
tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti
layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang
– isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight
apabila ada ongkos angkut – tekan tab – record
7.
Pembelian tunai : purchase – enter purchase – hilangkan
tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti
layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang
– isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight
apabila ada ongkos angkut – isi paid today dengan jumlah uang yang diterima
(apabila tunai seluruhnya, maka isi sesuai jumlah yang ada pada balance due) –
record.
8.
Retur atas pembelian kredit : purchase – enter purchase -
hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi
- ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan
jumlah barang {awali dengan tanda (-)}– isi item number dengan nama barang –
isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – tekan tab –
record. Setelah direcord, klik register – klik returns & credits – klik
apply to purchase – isi tanggal returnya – record
9.
Retur atas pembelian tunai : langkahnya sama seperti retur
atas pembelian kredit, hanya saat masuk register – returns & credits – klik
receive refund – isi tanggal retur – record.
10.
Pengeluaran kas selain pelunasan utang : banking – spend
money – hilangkan tanda tax inclusive – pilih jenis kas yang akan dikeluarkan
pada bagian account – isi payee dengan nama pihak yang dibayar – isi nomor cek
– isi tanggal – isi jumlah yang dibayar pada amount – isi acct dengan akun debitnya
– isi jumlahnya pada amount – record.
11.
Penerimaan kas selain penerimaan piutang : banking – receive
money - hilangkan tanda tax inclusive – pilih jenis kas penerima pada bagian
account – isi payor dengan nama pihak yang membayar – isi nomor bukti – isi tanggal
– isi jumlah yang dibayar pada amount received – isi acct dengan akun kreditnya
– isi jumlahnya pada amount – record.
12.
Mencatat penyesuaian : accounts – record journal entry – isi
tanggal – isi memo – isi akun debit – isi akun kredit – record.
13.
Penyesuaian untuk rekonsiliasi : banking – reconcile
accounts – isi account dengan cash in bank – isi tanggal pada bank statement
date – pada new statement balance isilah dengan jumlah angka yang tercatat pada
calculate statement balance sehingga out of balance bernilai 0 – klik ikon bank
entry – isi amount pada service charge sesuai soal – isi ID – isi tanggai – isi
expense account dengan akun bank service charge – isi amount pada interest
earned sesuai soal – isi ID – isi tanggal – isi income account dengan interest
income – record – klik ikon sehingga setiap baris akan otomatis ditandai – klik
reconcile – klik cancel
14.
Melakukan transfer (pemindahan) kas : accounts – transfer
money – isi tanggal – isi transfer money from dengan kas yang akan dipindah –
isi transfer money to dengan kas yang menerima pindahan – isi amount dengan
jumlah uang yang ditransfer – record
15.
Menampilkan dan mencetak laporan
keuangan
1.
Menampilkan dan mencetak neraca : reports – accounts – pada
balance sheet pilih standard balance sheet – display – print – pilih printer –
tentukan banyak rangkap – OK
2.
Menampilkan dan mencetak laporan laba rugi : reports –
accounts – profit & lost (accrual) – display – print – pilih printer –
tentukan banyak rangkap – OK
3.
Menampilkan dan mencetak laporan arus kas : reports –
banking – statement of cash flow – display – print – pilih printer – tentukan
banyak rangkap – OK
2.5 MANFAAT
MYOB
Mahasiswa akan mendapat keahlian
khusus dalam mengoperasikan program MYOB.
Saat ini program MYOB adalah program yang paling banyak dipakai di Indonesia untuk skala perusahaan kecil dan menengah yang jumlahnya tak terhitung banyaknya.Jumlah ini terus bertambah dari waktu ke waktu seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis di Indonesia. Dengan keahlian mengoperasikan program MYOB, mahasiswa akan mempunyai kesempatan kerja yang lebih luas.
Saat ini program MYOB adalah program yang paling banyak dipakai di Indonesia untuk skala perusahaan kecil dan menengah yang jumlahnya tak terhitung banyaknya.Jumlah ini terus bertambah dari waktu ke waktu seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis di Indonesia. Dengan keahlian mengoperasikan program MYOB, mahasiswa akan mempunyai kesempatan kerja yang lebih luas.
Mahasiswa mempunyai daya saing di dalam dan
luar negeri.
MYOB adalah program yang paling banyak digunakan di negara-negara maju seperti : Amerika, Australia, Canada, Singapura, Inggris dll. Dengan demikian keahlian ini tidak saja berguna dalam mencari lapangan pekerjaan di dalam negeri, tetapi juga menjadi bekal untuk bersaing sebagai tenaga professional di luar negeri.
MYOB adalah program yang paling banyak digunakan di negara-negara maju seperti : Amerika, Australia, Canada, Singapura, Inggris dll. Dengan demikian keahlian ini tidak saja berguna dalam mencari lapangan pekerjaan di dalam negeri, tetapi juga menjadi bekal untuk bersaing sebagai tenaga professional di luar negeri.
Pengalaman bekerja dengan data perusahaan
menggunakan program MYOB.
Dengan mengikuti pelatihan MYOB, maka pada saat mahasiswa telah menyelesaikan program studinya di universitas, mereka akan mendapatkan tambahan pengalaman didalam pengoperasian program MYOB.
Dengan mengikuti pelatihan MYOB, maka pada saat mahasiswa telah menyelesaikan program studinya di universitas, mereka akan mendapatkan tambahan pengalaman didalam pengoperasian program MYOB.
Mahasiswa yang mendapat pelatihan program
MYOB adalah mahasiswa siap pakai dalam dunia usaha.
Dengan mendapat pelatihan program MYOB, mahasiswa tidak perlu lagi mengambil program tambahan untuk dapat siap masuk di dunia usaha.
Dengan mendapat pelatihan program MYOB, mahasiswa tidak perlu lagi mengambil program tambahan untuk dapat siap masuk di dunia usaha.
2.6 KELEMAHAN
DAN KELEBIHAN MYOB
KELEMAHAN MYOB:
- Tidak Adanya Fitur Pelaporan
Perpajakan di Indonesia
Karena merupakan salah satu software yang dikembangkan oleh
Australia, maka dari itu beberapa fitur masih mengadopsi Australian style,
seperti fitur perpajakannya.Sehingga bagi anda yang ingin menghitung pajak dan
juga pelaporan pajak, anda harus menggunakan software lainnya untuk melakukan
penghitungan pajak perusahaan anda.
- Hanya Bisa Dilakukan pada Satu
Perusahaan
MYOB hanya cocok untuk digunakan oleh pebisnis yang hanya
memilki satu perusahaan saja. Jadi bagi anda yang memiliki perusahaan atau anak
perusahaan lebih dari satu, alias multi company, sehingga tidak cocok bagi
pengusaha yang multi-company. Aplikasi MYOB belum bisa memenuhi kebutuhan para
pebisnis dengan banyak kebutuhan.
KELEBIHAN MYOB:
1. Mudah Untuk Digunakan
Kelebihan pertama dari software MYOB ini adalah mudah untuk
digunakan. Ya, sama seperti kebanyak software lainnya MYOB memiliki icon – icon
serta description yang jelas untuk tiap fungsinya. Sehingga siapapun yang mungkin
tidak mempelajari akuntansi tetap akan bisa menggunakan software MYOB ini. Anda
hanya perlu menginput data – data dalam database, lalu kemudian melakukan
penghitungan dengan mudah dan cepat.
2. Pengolahan Perhitungan Akuntansi
yang Akurat dan Tepat
Perhitungan akuntansi akan menjadi lebih cepat dan juga
efisien dengan menggunakan software ini. Bayangkan apabila anda harus
menghitung pembukuan dan beragam rumus akuntansi untuk satu periode secara
manual, pasti akan memakan waktu sangat lama. Karena itu, penggunaan MYOB
sangat membantu dalam hal efiseisnsi waktu dan juga kecepatan dari perhitungan
akuntansi.
3. Dapat Membantu Mengolah Manajemen
Proyek
Apabila
anda membawahi lebih dari 1 departemen, maka MYOB bisa melakukan hal ini.Jadi,
MYOB bersifat multi user, bisa digunakan untuk mengawasi dan juga melakukan
pengolahan data dari proyek – proyek yang sudah dilakukan oleh departemen yang
anda bawahi, seperti departemen keuangan, departemen marketing, departemen HRD,
dan kemudian mengolahnya untuk membuat laporan akuntasi dan keuangan perusahaan
secara utuh.
BAB 111 KESIMPULAN DAN SARAN
1.1 KESIMPULAN
MYOB
Accounting adalah aplikasi akuntansi yang populer saat ini. MYOB Accounting
memfokuskan pada perusahaan jasa dan dagang disamping jenis perusahaan yang
lain pun bisa juga diterapkan. Paling cocok aplikasi ini diterapkan pada
perusahaan menengah kebawah, untuk perusahaan besar rasanya tidak memadai,
karena biasanya perusahaan besar jumlah transaksinya sangat komplek sehingga
biasanya mempunyai program yang dirancang sendiri sesuai dengan kebutuhan
perusahaan tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
http://myobaccountingv13.blogspot.com/2009/03/belajar-mudah-myob-accounting-v-13.html
http://google.com
http://google.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar